Penyalah Artian Kata "SERONOK"

Hasil Pencarian kata 'seronok' di Google


Akhir-akhir ini, kita sering mendengar berita tentang artis yang dicekal karena cara berpakaian dan berpenampilan seronok. Media massapun memberitakan hal yang sama. Ketika anda mencoba mengetikkan keyword 'seronok' di google, pastinya anda juga akan menemukan hasil yang cukup mengejutkan, hasil pencariannya adalah gambar dan berita kurang pantas yang akan muncul (gambar disamping).

Dalam serial Upin-ipin, kita mendengar Upin/Ipin dengan lugunya bilang seronok seronok seronok, dengan gaya khasnya yang lucu. Terbesit pertanyaan, mengapa kata itu digunakan oleh upin/ipin. Mungkin terdengar aneh jika kita mendengar dua hal yang sangat bertentangan namun memiliki kesamaan dalam penggunaan kata Seronok.
Mendengar kata seronok, kita beranggapan bahwa seronok adalah sesuatu yang tidak pantas, dan terkesan tidak sesuai dengan adat kita, tapi pernahkah kita mempelajari apa itu sebenarnya kata Seronok itu sendiri?
Sebelumnya saya juga memiliki pemahaman yang sama dengan anda, akan tetapi, pandangan saya 180 derajat berubah setelah mendapatkan kebenarannya dari Anas Ahmadi, Dosen Bahasa Indonesia Universitas Negeri Surabaya, bahwa Seronok adalah sedap dilihat, dan menyenangkan hati.
Kurang puas dengan jawaban dosen saya, saya pun mulai mencarinya di internet, tepatnya mencari di Kamus Besar Bahasa Indonesia Online yang beralamat di http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/, saya mengetikkan keyword 'seronok' di kolom cari kata dasar, yang muncul adalah berikut:
se·ro·nok a menyenangkan hati; sedap dilihat (didengar dsb): dl dunia keronggengan ini suara pesinden itu sama-sama -- dan menarik hati; me·nye·ro·nok·kan v menimbulkan rasa seronok;
ke·se·ro·nok·an n perihal (yg bersifat) seronok
Hasil Pencarian kata 'seronok' di KBBI Online
Dan sebelumnya juga sudah saya share, Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia Offline yang bisa didownload disini, marilah kita awali untuk bersama-sama menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terimakasih.


Kamus KBBI Offline

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyalah Artian Kata "SERONOK""

Post a Comment

Gunakan bahasa yang sopan. Terima kasih